LAPORAN
IDENTIFIKASI CFIT
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
(Disusun
Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah Asesmen teknik tes)
Dosen
Pengampu : Rika Kartikasari. M.Psi., Psi
Disusun
Oleh :
Opah Nadiya 2285150012
PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2017
BAB I
KAJIAN TEORI
A.
Visi
Terwujudnya
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta yang dinamis menuju keunggulan bermartabat
B.
Misi
1.
Menyiapkan
out comes lulusan yang memiliki kualitas
kompetensi yang relevan dengan perubahan lingkungan
2.
Meneguhkan
komitmen intelektual demi kemajuan ilmu ekonomi melalui pendidikan, penelitian
dan pengabdian masyarakat
3.
Menata
ulang manajemen internal berorientasi pada mutu, taat azas dan berbasis pada
keuanggulan sumber daya internal
C.
Tujuan
1.
Menyiapkan
lulusan yang memiliki keahlian comparative, berkarakter enterpreneurial dan
responsive terhadap perkembangan lingkungan
2.
Produktif
dalam menghasilkan penelitian-penelitian terapan dibutuhkan oleh Pemerintah Daerah,
dunia usaha baik sektor usaha besar maupun Usaha Kecil Menengah
3.
Terbangunnya
sistem manajemen internal yang mendukung (supporting) produktivitas,
transparan, inovatif dan tumbuhnya komitmen dalam kebersamaan.
D.
Rencana Strategi
Renstra ini disusun sebagai acuan
bagi seluruh civitas akademika Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Untirta dalam rangka
pencapaian visi Fakultas yaitu Terwujudnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta
yang dinamis mengembangkan keilmuan menuju keunggulan penyelenggaraan akademik
yang bermartabat tahun 2021 merupakan
visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Untirta.
Tahun
2016 adalah waktu penyusunan dokumen renstra ini, oleh sebab itu dokumen ini
memuat rencana startegis penyelenggaraan pendidikan baik akademik maupun non
akademik hingga tahun 2021, sehingga terwujudnya visi Fakultas Ekonomi Dan
Bisnis Untirta pada tahun 2021.
E.
Rencana Operasional (Renop)
Dokumen Rencana Operasional (RENOP)
adalah penjabaran lebih lanjut dari Rencana Strategik (RENSTRA) Fakultas
Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untirta Tahun 2016-2020. Dokumen RENOP memuat rumusan
program dan kebijakan serta rencana dan target yang bersifat kuantitatif dan
operasional dari masing-masing tujuan dan sasaran yang hendak dicapai. Rumusan
itu mencakup rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang yang
ditetapkan oleh RENSTRA FEB Untirta Tahun 2016-2020.
Rumusan RENOP
FEB Untirta Tahun 2016-2020 disusun secara berjenjang dan melalui proses
penyusunan yang bersifat partisipatif
dan kontributif dengan melibatkan berbagai pihak terkait. Target-target yang
ditetapkan dalam dokumen RENOP ini adalah hasil kesepakatan bersama seluruh
pengelola Fakultas. Merujuk pada RENSTRA yang bersifat umum maka dalam RENOP
secara rinci akan dipaparkan rencana Fakultas, mencakup visi, misi, tujuan,
sasaran indikator kinerja untuk mengetahui pencapaian tujuan, sasaran termasuk
target-target kuantitatif dan program-program yang menjadi payung berbagai
kegiatan yang akan dilaksanakan FEB Untirta Tahun 2016-2020 dalam rangka
mewujudkan visi dan misinya.
Indikator kinerja utama merupakan
indikator yang digunakan untuk mengukur kinerja atau pencapaian tujuan dan
sasaran strategis. Indikator kinerja secara keseluruhan melengkapi indikator
kinerja utama.
F.
Standar Mutu
Standar Mutu Akademik Fakultas Ekonomi
dan Bisnis (FEB) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa adalah pedoman dalam
menyusun rencana dan pelaksanaan kegiatan akademik, serta landasan bagi
pengembangan program, sumberdaya, prosedur kegiatan dan evaluasi akademik
secara berkelanjutan.
Tujuan
ditetapkan Standar Mutu Akademik adalah dalam rangka penjaminan mutu akademik
di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa agar
tujuan akademik dapat tercapai. Di dalam standar akademik ini, dirumuskan
standar-standar mutu yang terdiri dari tujuh standar yang mengacu pada standar
BAN-PT.
G.
Kriteria lulusan feb
Lulusan dari FEB tidak hanya cenderung mahir dalam materi
saja namun lulusan FEB juga memiliki keterampilan berkomunikasi dan persentasi
serta kemampuan pemecahan masalah, hal ini lah yang menjadi salah satu sebab
lulusan FEB tidak hanya akan menjadi manajer bank, ekonom, analis keunguan,
konsultasi manajemen, akuntan publik, dan auditor atau segala pekerjaan yang
berhubungan perdagangan. Di FEB sendiri sesuai dengan isi visi, misi dan
tujuannya bahwa lulusan FEB juga di bentuk menjadi pencipta suatu bisnis dan
memanfaatkan segala sumberdaya yang ada di sekitarnya dengan pemikiran yang
inovatif dan kreatif.
H.
Kompetensi lulusan
1. Memiliki kesadaran dan memahamiserta meningkatkan
ketakwaan kepada tuhan yang maha esa dan berbudi luruh sekaligus berkepribadian
baik.
2. Memiliki pengetahuan tentang konsep teoritis
sesuai dengan jurusannya.
3. Memiliki kemampuan untuk menciptakan suatu
bisinis.
BAB II
HASIL WAWANCARA
A.
Wawancara dengan semester 4
1. Krismanada prastiyan (ekonomi pembangunan)
Menurut nada visi,
misi dan tujuan FEB sudah sesuai karena ia berpandangan drai cara dosen selama
ini yang mengajarnya telah mengajarkannya dengan tegas,dan memberikan tugas
yang sesuai serta para dosen berusaha membuat mahasiswa agar memilikikualitas
seperti yang di gambarkan dalam visi,misi dan tujuan.
2. Fauziah Firda ( akuntansi )
Menurutnya visi,
misi,dan tujuan FEB ini belum sesuai dimana pendapatnya jika kita sudah lulu
maka visi, misi dan tujuan tersebut umumnya akan di lupakan atau tidak
berpengaruh sedangkan untuk keriteria kelulusan sendiri masih terasa
pembentukannya pada mahasiswa sebab keriteria tersebut dijadikan patokan untuk
dosen mengajar.
3. Riski Kashay ( ekonomi pembangunan )
Menurutnya visi,
misi, dan tujuan serta keriterikelulusan masih belum terasa sebab masih dalam
tahap proses. Poin-poin dalam visi, misi dan tujuan pun sedikit demi sedikit ia
rasakan semakin membai, hal ini ia lihat
dari mutu dosen yang semakin baik yang berasal dari s3, dan menurutnya
hal yang menghambat visi, misi dan tujuan ini salah satunya prasarana yang
belum memadai sedangkan untuk materi ynagdi berikan dosen cukup relevan dengan
visi,misi dan tujuan walau intinya ia belum merasakan hasilnya.
4. Nurjazielah ( manajemen )
Menurutnya
sesuai.dalam visi, misi dan tujuan maupun keriteria sesuai dengan proses
pembelajaran dilihat dari mata kuliah yang sesuai dengan jurusannya walau tidak
menutup kemungkinan ada hal-hal yang masih kurang atau tidak sesuai didalamnya.
B.
Wawancara dengan semester akhir
1. Tya ( ekonomi pembangunan )
Menurutnya visi,
misi dan tujuan FEB tidak sesuai dengan proses yang ia jalani selama kuliah.
Ketidak sesuai sangat di rasakannya terlihat dari pembelajaran dimana literasi buku
sangat kurang, rasio dosen dan mahasiswa di ambang batas, publikasi karya tulis
jauh memadai serta terakhir fasilitas yang jauh memadai dan pelayanan akademik
yang tidak memenuhi.
2. Wulandari ( ekonomi pembangunan )
Menurutnya visi, misi
dan tujuan FEB belum sesuai. Hal ini sampaikan karena sistem pembelajaran yang
kurang konduif, dan keriteria kelulusan sendiri menurutnya keurang sesuai atau
jomplang sekali dengan selama ini ia rasakan.
BAB III
PEMBAHASAN
A. Hasil
Dalam pembahasan ini kita akan membandingkan apakah visi, misi, tujuan dan
keriteria kelulusan sesuai dengan apa
yang mahasiswa rasakan selama ini.
Dari hasil wawancara
dengan berbagai jurusan di FEB untirta ini terlihat bahwa dalam menerapkan
visi, misi, tujuan dan keriteria kelulusan FEB sendiri belum merata. Hal ini di
lihat dari pendapat mahasiswa berbeda-beda setiap jurusan selian perbedaan ini
terlihat dari berbedanya jurusan, perbedaan ini juga terlihat dari tingkat
semester mahasiswa. Semakin mahasiswa lama kuliah maka semakin ia rasakan apa
kesesuai dan ketidak sesuaian visi, misi, tujuan dan keteria jurusan. Dan
hasilnya mahasiswa semester 4 umumnya belum bisa menentukan apakah visi,misi
dan tujuan tersebut sesuai, sedangkan
mahasiswa tingkat akhir berpendapat bahwa visi, misi, tujuan dan keriteria
kululusan belum sesuai dikarena masih banyak hambatan untuk merealisasikan hal
tersebut terutama sistem pembelajaran.
B.
Kaitan Visi, misi, tujuan dan keriteria lulusan dengan
Tes CFIT
Di lihat dari visi, misi,
tujuan dan keriteria kelulusan sendiri jika kita lihat lebih mengarah kan pada
hasil kelulusan yang memiliki pemiikiran
yang dinamis, inovatif dan kreatif
menyesuaikan ilmu yang di dapatkannya
dengan jaman dan lingkungannya, serta terakhir yaitu untuk mengembangkan
sumberdaya yang ada dan usaha pembentukan menjadi seorang ekonom yang tak hanya menjadi
pekerja namun dapat mengahsilkan lapangan pekerjaan
Penjelasan di atas dapat
kita simpulkan bahwa dalam jurusan FEB ini diharapkan mahasiswa mempunyai
beberapa pemikiran atau karakteristik yang menonjol dalam tes asesmen (CFIT ) agar mahasiswa serta fakultas kedepannya tidak kesulitan dalam mewujudkan
visi, misi, tujuan dan keriteria yang sudah di bentuk. Berikut adalah subtes
skala 3 CFIT A dan B, yaitu :
1. seri subtest dimana urutan gambar
dilengkapi dengan memilih diantara pilihan respon,
2. klasifikasi subtes, dimana responden
memilih satu gambar yang berbeda dari gambar yang lain,
3. subtes Matriks yang membutuhkan
penyelesaian matriks atau pola, dan
4. ketentuan subtes, yang mengharuskan
responden untuk mengidentifikasi beberapa gambar geometris memenuhi kondisi
tertentu.
Dalam 4 subtes tersebut, bagi mahasiswa FEB sebaiknya
yang harus menonjol adalah subtes conditions/topology, classification dan
matriks. Hal ini karena dalam visi, misi, tujuan dan keriteria jurusan FEB ini
di haruskan untuk menjadi individu yang
dapat berpikir dinamis dan menyesuaikan dengan jaman serta lingkungan yang ada
sesuai dengan subtes conditions yang memperlihatkan individu mampu untuk
mengaplikasikan apa yang ia lihat dan disesuaikan dengan keadaan, dan sebelum
penyeseuaian ini mahsiswa harus mengidentifikasi sekitarnya.
Sedangkan untuk classification sendiri sangat cocok untuk
FEB sebab untuk mahasiswa FEB sendiri harus dapat melihat perbedaan di
lingkungannya sehingga mahasiswa dapat menyesuaikan dalam pengamplikasikan
ilmunya dengan lingkungan yang ada dan terakhir mereka dapat meilhat atau
membedakan mana saja potensi yang dapat dijadikan bisnis kedepanya berbentuk
ide dan meningkatkan pikiran inovatif mahasiswa,selain itu kemampuan membedakan
pula sangat di butuhkan untuk menyelesaikan masalah dimana mahasiswa mampu
mencocokan setelah sebelumnya mereka membedakan apa yang mereka lihat.
Dan terakhir adalah matriks, dalam matriks terdapat
kemampuan penyelesaian dimana kemapuan ini di butuhkan bagi mahasiswa FEB untuk
menyelsaikan masalah yang ada di sekitarnya terutama untuk masalah prekonomian.
Sebab dengan adanya pemikiran penyelesaian ini mahasiswa dapat mengurangi
permasalahan yang ada dengan cara mengaplikasikan ilmu yang didapatkannya.
DAFTAR PUSTAKA
1. Hasil wawancara dengan mahasiswa FEB
Komentar
Posting Komentar