a.
identitas siswa
Nama : Feby Nur Setiowati
Umur : 18 Tahun
Jenis kelamin : Perempuan
Kelas : XII IIS 2
Sekolah : SMAN 1 Kabupaten Tangerang
1.
Berdasarkan
data Aum PTSDL, FNS mempunyai masalah pada prasyarat penguasaan materi belajar seperti kurang dapat menguasai
materi pelajaran, kurang dapat mengerjakan tugas dengan baik, Tugas-tugas
pelajaran yang diberikan guru tidak dapat dikerjakan dengan baik karena materi
pelajaran yang menunjang penyelesaian tugas tersebut tidak saya kuasai, terhalang
untuk mengikuti pelajaran dan/atau kegiatan sekolah tertentu karena tidak
memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar untuk menguasai materi
pelajaran/kegiatan tersebut. Kesulitan memahami materi pelajaran disebabkan
karena saya tidak memahami konsep-konsep dasar, ungkapan-ungkapan dan/atau
istilah-istilah yang harus dikuasai terlebih dahulu. FNS juga mengalami masalah
pada keterampilan dia dalam belajar, kurang dapat memanfaatkan waktu dalam
kelas untuk belajar, kurang dapat fokus dalam kelas dan sebagainya. Masalah
sarana belajar juga mengganggu fikiran FNS, seperti memikirkan biaya sekolah,
sarana belajar yang kurang memadai. Diri FNS yang kurang bersemangat dalam
belajar juga merupakan salah satu masalah. Lingkungan yang kurang mendukung
juga menjadi masalah yang di hadapi oleh FNS.
Terlihat dari data AUM Umum, FNS memiliki masalah pada
pendidikan dan pembelajaran, sikap FNS yang kurang serius dalam belajar, tidak
memperhatikan dalam pelajaran, bosan dalam cara pengajaran guru dan masalah
sejenisnya.
2.
MASALAH :
Pendidikan
dan Prasyarat penguasaan pelajaran
GAMBARAN MASALAH :
Klien
adalah seorang siswa kelas 12, klien berumur 18 tahun. Klien kurang dapat
mengikuti pelajaran, menguasai materi pelajaran serta kurang semangat dalam
belajar.
PENGKAJIAN DATA
1. Dikaji mengenai persiapan diri dalam
belajar, terungkap bahwa klien kurang mempersiapkan diri untuk belajar, seperti
mempersiapkan kebutuhan sebelum berangkat sekolah, menguasai materi sebelumnya
dan sebagainya.
2. Dikaji mengenai semangat klien dalam
belajar, terungkap bahwa klien kurang memiliki motivasi dalam belajar.
3. Dikaji mengenai penguasaan diri dalam
belajar, terungkap bahwa klien kurang dapat menguasai mata pelajaran,
4. Dikaji mengenai keadaan diri dikelas,
terungkap bahwa clien suka main-main saat guru sedang mengajar.
5. Dikaji mengenai keadaan ekonomi klien,
terungkap bahwa klien termasuk kedalam ekonomi yang rendah
6. Dikaji mengenai lingkungan klien,
terungkap bahwa klien kurang nyaman dengan lingkungan sekolahnya.
7. Dikaji mengenai teman bermainnya, terungkap bahwa klien tidak
memiliki teman yang mensupport dirinya.
PENETAPAN APA YANG AKAN DIUBAH
:
Menggunakan
gestalt
1.
Pemahaman klien tentang pentingnya pendidikan
2.
motivasi klien tentang pendidikan
3.
pemahaman klien tentang cara belajar
4. pemahaman klien tentang karir
5.
pemahaman klien tentang waktu
6.
penyesuaian klien pada lingkungan
TUJUAN PERUBAHAN :
1. Agar klien dapat mengerti arti pentingnya
pendidikan
2. Agar klien dapat mempunyai motivasi diri
untuk giat belajar
3. Agar klien dapat mempunyai cara belajar
yang nyaman
4. Agar klien lebih menghargai waktu
5. Agar klien mempunyai tujuan karir dan
tidak menyepelekan pada pendidikan
6. Agar klien dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungan
RENCANA USAHA MENCAPAI TUJUAN :
1.
Klien diajak berdiskusi dengan topik pendidikan
2.
Klien diajak berpikir mengenai keuntungan dan kerugian terhadap prilaku yang
sudah dilakukannya
3.
Klien diajak mencari motivasi diri
4.
klien diminta untuk memiliki cita-cita
5.
klien diajak berinteraksi dengan lingkungan sekitar
PELAKSANAAN USAHA :
1.
Klien sudah memahami pentingnya pendidikan
2.
Klien mampu berpikir mengenai prilaku yang sudah dia perbuat baik keuntungannya
ataupun kerugiannya
3.
klien sudah mempunyai motivasi untuk mengejar cita-cita
4.
Klien dapat beradaptasi dengan lingkungan
5.
Klien dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya
PENILAIAN :
Perpostur
1.
Mampu berpikir mengenai resiko atas perbuatannya
2.
Lebih menghargai diri sendiri
3.
lebih menghargai usaha
4.
lebih menghargai waktu
TINDAK LANJUT :
-
b.
identitas siswa
Nama : Lutfia Utami
Umur : 18 Tahun
Jenis kelamin : Perempuan
Kelas : XII IIS 2
Sekolah : SMAN 1 Kabupaten Tangerang
1.
Berdasarkan
data Aum PTSDL, LU memiliki masalah yang dominan pada prasyarat penguasaan
materi pelajaran, seperti tidak bisa menguasai materi sebelum pelajaran
selanjutnya berlangsung, kurang dapat menyusun materi secara berurutan, kurang
dapat berkonsentrasi saat belajar, kurang dapat membuat bahan materi untuk
belajar, pada keterampilan belajar, kurang dapat menggunakan waktu luang untuk
belajar, kurang mengetahui cara belajar, dengan dukungan sarana belajar yang
kurang lengkap, uang saku yang kurang serta diri yang kurang percaya diri,
kurang memanfaatkan waktu luang dengan guru yang menurut pemikiran LU adalah
orang yang tidak sesuai dengan yang di harapkan seperti peraturan terlalu
ketat, prinsip yang ditetapkan tidak sesuai dengan peserta didik, guru yang
tidak adil, orang tua kurang mendukung, teman kurang mendukung dan masalah lain
yang serupa.
Berdasarkan data Aum umum, LU kurang meminati jurusan
yang sedang ia jalankan, dan sering merasakan malas belajar, merasa pengajaran
guru terlalu kaku namun ia juga merasa gelisah dengan nilai yang LU dapat.
2.
MASALAH :
Kurang
memahami gaya belajar, kurang dapat memahami materi pelajaran
GAMBARAN MASALAH :
Klien
adalah seorang siswa kelas 12 SMA, dengan jurusan IIS , umur 18 tahun. Klien
mempunyai masalah pada kejenuhan belajar, kurang dapat mempersiapkan diri dalam
belajar, menguasai materi belajar, membuat catatan belajar, merasakan kurang
percaya diri, takut mengemukakan pendapat. Serta merasa kurang pas dalam
jurusan yang dijalani.
PENGKAJIAN DATA:
1. Dikaji bagaimana klien di sekolah,
terungkap bahwa klien kurang percaya diri di sekolah, tidak mampu mengemukakan
pendapatnya.
2. Dikaji bagaimana persiapan klien untuk
belajar, terungkap bahwa klien kurang dapat mempersiapkan diri dalam belajar,
kurang dapat membuat catatan materi.
3. Dikaji bagaimana klien dalam sekolah,
terungkap bahwa klien kurang bisa fokus dalam kelas, merasa bosan dalam
pelajaran yang diberikan guru.
4. Dikaji dengan sarana yang dibutuhkan,
terungkap bahwa klien masih memerlukan banyak bahan untuk belajar.
PENETAPAN APA YANG AKAN DIUBAH
:
Menggunakan
gestalt
1.
Pemahaman klien tentang cara belajar
2.
pemahaman klien tentang pemanfaatan waktu
3.
membuat klien mempunyai motivasi diri
4.
membuat klien percaya diri
TUJUAN PERUBAHAN :
1.
Agar klien dapat mempunyai gaya belajar nyamannya
2.
Agar klien dapat memanfaatkan waktu dengan baik
3.
Agar klien memiliki motivasi dan semangat diri.
RENCANA USAHA MENCAPAI TUJUAN :
1. Klien diajak mencari gaya belajar yang
sesuai dengan dirinya
2. klien diberi latihan membuat materi
pelajaran
3. klien dilatih membuat jadwal dalam sehari
4. klien diminta mencari motivasi diri
5. klien dilatih untuk percaya diri
PELAKSANAAN USAHA :
1.
Klien mampu belajar dengan gaya nyamannya.
2.
klien memiliki motivasi diri untuk belajar dan untuk hidupnya
3.
klien membuat jadwal sehari-hari
4.
klien belajar membuat catatan materi pelajaran
5.
klien melangkah dengan percaya diri
PENILAIAN :
Perpostur
1.
Mampu belajar dengan gaya yang sesuai dirinya
2.
Lebih memiliki semangat belajar
3.
percaya diri
TINDAK LANJUT :
-
c.
identitas siswa
Nama : Dea Novi Kartika
Umur : 18 Tahun
Jenis kelamin : Perempuan
Kelas : XII IIS 2
Sekolah : SMAN 1 Kabupaten Tangerang
1.
Berdasarkan
data Aum PTSDL, DNK mempunyai masalah dengan prasyarat penguasaan materi
pelajaran, yaitu kurang dapat mempersiapkan diri dalam penguasaan materi untuk
pelajaran selanjutnya, kurang dapat membuat catatan materi, Tugas-tugas
pelajaran yang diberikan guru tidak dapat kerjakan dengan baik karena materi
pelajaran yang menunjang penyelesaian tugas tersebut tidak dikuasai, terhalang
untuk mengikuti pelajaran dan/atau kegiatan sekolah tertentu karena tidak
memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar untuk menguasai materi
pelajaran/kegiatan tersebut. Kesulitan memahami materi pelajaran disebabkan
karena saya tidak memahami konsep-konsep dasar, ungkapan-ungkapan dan/atau
istilah-istilah yang harus dikuasai terlebih dahulu, kurang semangat untuk
mengejar ketertinggalan pelajaran. Permasalahan diri sendiri yang kurang percaya
diri, merasa apa yang dilakukan itu percuma, mengabaikan pelajaran, tidak
semangat dalam belajar.dengan lingkungan yang kurang mendukung seperti jarak
rumah yang jauh, orang tua serta teman yang kurang mendukung dirinya, kurang di
perhatikan guru. Lebih senang membuang-buang waktu percuma, tidak memiliki gaya
belajar yang dimiliki, susah membuat catatan pelajaran. Serta sarana yang
kurang memadai dalam sekolah.
Berdasarkan data aum umum, DNK memliki masalah dnegan
dirinya, seperti masih sering bertingkah seperti anak-anak, keyakinan mudah
goyah, kurang mampu mengendalikan diri, ceroboh serta perilaku labil lainnya.
2.
MASALAH :
diri
masih labil dan Kurang bisa menguasai prasyarat dalam materi pelajaran
GAMBARAN MASALAH :
Klien
adalah seorang siswa kelas 12 IIS , berumur 18 tahun. Klien kurang mampu
mengendalikan dirinya, masih bertingkah seperti anak-anak, mudah bimbang
terhadap keputusannya. Klien juga kurang dapat menguasai materi serta kurang
mempersiapkan diri dalam belajar, seperti menyiapkan bahan materi sebelumnya,
membaca bahan materi sebelumnya, memahami materi sebelumnya untuk belajar
materi selanjutnya dan lain sebagainya.
PENGKAJIAN DATA:
1. Dikaji bagaimana kondisi pribadi klien,
terungkap bahwa klien orang yang kurang percaya diri, belum bisa mengontrol
diri, mudah terpengaruh terhadap orang.
2. Dikaji bagaimana kesiapan belajarnya,
terungkap bahwa klien kurang mempersiapkan diri dalam belajar, seperti
mempersiapkan alat dan bahan belajar, menguasai materi sebelumnya untuk belajar
materi selanjutnya,
3. Dikaji bagaimana klien di sekolah,
terungkap bahwa klien kurang dapat fokus dalam belajar,
4. Dikaji dengan kondisi lingkungan klien,
terungkap bahwa guru kurang dapat memahami klien,
5. Dikaji dengan sarana belajar klien,
terungkap bahwa sekolah belum
menyediakan sarana belajar lengkap,
6. Dikaji dengan kemampuan belajar klien,
klien belum menemukan gaya belajar yang sesuai dirinya.
PENETAPAN APA YANG AKAN DIUBAH
:
Menggunakan
klien center therapy (CCT)
1.
Pemahaman klien tentang keputusan yang akan dia ambil.
2.
Keuntungan dan kerugian tentang perbuatan yang telah dilakukan
3.
kesiapan diri dalam belajar
4.
perilaku dalam menggunakan waktu belajar.
TUJUAN PERUBAHAN :
1.
Agar klien dapat mengambil keputusan
2.
Agar klien dapat mempertimbangkan keuntungan dan kerugian terkait perbuatannya
3.
Agar klien dapat memiliki kesiapan dalam belajar
4.
agar klien dapat menggunakan waktunya untuk belajar
RENCANA USAHA MENCAPAI TUJUAN :
1.
Klien diajak berdiskusi dengan sistem BMB3
2.
Klien diajak berpikir mengenai keuntungan dan kerugian terhadap prilaku yang
sudah dilakukannya
3.
Klien mampu mempersiapkan diri dalam belajar
4.
klien mampu menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya
PELAKSANAAN USAHA :
1.
Klien sudah mampu berpikir dengan sistem BMB3
2.
Klien mampu berpikir mengenai prilaku yang sudah dia perbuat baik keuntungannya
ataupun kerugiannya
3.
Klien memiliki persiapan sebelum belajar
4.
klien diminta menggunakan waktunya dengan kegiatan.
PENILAIAN :
Perpostur
1.
Mampu berpikir mengenai resiko atas perbuatannya
2.
Lebih memiliki kesiapan belajar
3.
lebih bisa mneghargai waktu
TINDAK LANJUT :
-
d.
identitas siswa
Nama : Dila Agustin
Umur : 18 Tahun
Jenis kelamin : Perempuan
Kelas : XII IIS 2
Sekolah : SMAN 1 Kabupaten Tangerang
1.
Berdasarkan data aum ptsdl , DA memiliki masalah dalam
prasyarat penguasaan materi seperti Tugas-tugas pelajaran yang diberikan guru
tidak dapat dikerjakan dengan baik, mengulangi kembali materi yang diberikan
oleh guru pàda pelajaràn sebelumnva sebagai persiapan untuk mengikuti pelajaran
berikutnya, mengejar materi ketinggalan, tidak dapat mengaitkan atau melihat
urutan yang teratur dan saling menunjang antara materi pelajaran terdahulu
dengam mateti pelajaran berikutnya. Ketidaklengkapan jilid-jilid dari buku
pelajaran,menyiapkan berbagai bahan yang diperlukan, seperti buku catatan.
bahan bacaan. alat-alat tulis, dan sebagainya.
Pada sarana belajar DA memiliki masalah dalam melengkapi
buku-buku pelajaran sarana dan biaya yang kurang cukup, harus membantu orang
tua bekerja.Ruang dan sarana belajar yang tersedia di rumah saya tidak cukup
memenuhi persyaratan. Buku-buku pelajaran yang saya butuhkan tidak cukup
tersedia di sekolah.
Pada lingkungan DA memiliki masalah bahwa merasa
guru-guru cukup mengerti minat dan keinginan siswa, disiplin dan peraturan yang
diberlakukan kepada siswa terlalu ketat, Guru-guru lebih menyenangi siswa yang
suka menghafal daripada mereka yang suka berfikir dan mendalami materi
pelajaran. harus mcmbantu adk-adik belajar dan/atau mengasuh mereka, dan/atau
membantu pekerjaan sehari-hari, sehingga pelajaran saya terbengkalai. Teman
sekamar atau satu pondokan dan/atau saudara-saudara saya tidak cukup peduli
tentang kebersihan dan kerapian ruang belajar, yang sernuanya itu menunjang
kegiatan belajar saya. Lingkungan sekolah yang kurang nyaman dan/atau kurang
terawat mengakibatkan proses belajar saya terganggu.
DA belum memilliki keterampilan belajar yang baik,
menyianyiakan waktu belajarnya, serta kurang percaya diri, merasa kurang sesuai
dengan jurusan yang dipilih dan sebagainya.
Berdasarkan data aum umum, DA memiliki masalah pada
pendidikan dan pelajaran, seperti sering malas belajar, kurang berkonsentrasi
dalam belajar, gelisah dalam hal nilai namun belum belajar semaksimal mungkin,
kurang mampu menguasai materi pelajaran dan kurang kesiapan diri dalam belajar.
2.
MASALAH :
Pendidikan
dan Prasyarat penguasaan pelajaran
GAMBARAN MASALAH :
Klien
adalah seorang siswa kelas 12, klien berumur 18 tahun. Klien kurang dapat mempersiapkan
diri dalam belajar, malas mengikuti pelajaran, kurang menguasai materi
pelajaran, .
PENGKAJIAN DATA
1. Dikaji mengenai persiapan diri dalam
belajar, terungkap bahwa klien kurang mempersiapkan diri untuk belajar, seperti
mempersiapkan kebutuhan sebelum berangkat sekolah, menguasai materi sebelumnya
dan sebagainya.
2. Dikaji mengenai semangat klien dalam
belajar, terungkap bahwa klien kurang memiliki motivasi dalam belajar.
3. Dikaji mengenai penguasaan diri dalam
belajar, terungkap bahwa klien kurang dapat menguasai mata pelajaran,
4. Dikaji mengenai keadaan diri dikelas,
terungkap bahwa clien suka main-main saat guru sedang mengajar.
5. Dikaji mengenai lingkungan klien,
terungkap bahwa klien kurang nyaman dengan lingkungan sekolahnya.
6. Dikaji mengenai teman bermainnya, terungkap bahwa klien tidak
memiliki teman yang mensupport dirinya.
PENETAPAN APA YANG AKAN DIUBAH
:
Menggunakan
gestalt
1.
Pemahaman klien tentang pentingnya pendidikan
2.
motivasi klien tentang pendidikan
3.
pemahaman klien tentang cara belajar
4. pemahaman klien tentang karir
5.
pemahaman klien tentang waktu
6.
penyesuaian klien pada lingkungan
TUJUAN PERUBAHAN :
7. Agar klien dapat mengerti arti pentingnya
pendidikan
8. Agar klien dapat mempunyai motivasi diri
untuk giat belajar
9. Agar klien dapat mempunyai cara belajar
yang nyaman
10. Agar klien lebih menghargai waktu
11. Agar klien mempunyai tujuan karir dan
tidak menyepelekan pada pendidikan
12. Agar klien dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungan
RENCANA USAHA MENCAPAI TUJUAN :
1.
Klien diajak berdiskusi dengan topik pendidikan
2.
Klien diajak berpikir mengenai keuntungan dan kerugian terhadap prilaku yang
sudah dilakukannya
3.
Klien diajak mencari motivasi diri
4.
klien diminta untuk memiliki cita-cita
5.
klien diajak berinteraksi dengan lingkungan sekitar
PELAKSANAAN USAHA :
1.
Klien sudah memahami pentingnya pendidikan
2.
Klien mampu berpikir mengenai prilaku yang sudah dia perbuat baik keuntungannya
ataupun kerugiannya
3.
klien sudah mempunyai motivasi untuk mengejar cita-cita
4.
Klien dapat beradaptasi dengan lingkungan
5.
Klien dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya
PENILAIAN :
Perpostur
1.
Mampu berpikir mengenai resiko atas perbuatannya
2.
Lebih menghargai diri sendiri
3.
lebih menghargai usaha
4.
lebih menghargai waktu
TINDAK LANJUT :
-
a.
identitas siswa
Nama : Layla Nur Oktaviyanti
Umur : 18 Tahun
Jenis kelamin : Perempuan
Kelas : XII IIS 2
Sekolah : SMAN 1 Kabupaten Tangerang
1.
Berdasarkan
data aum ptsdl, LNO memiliki masalah dalam keterampilan belajar, seperti
menggunakan waktu luang itu untuk hal-hal yang disukai di luar kegiatan
belajar, Catatan pelajaran tidak lengkap dan banyak kekurangannya, mengalami
kesulitan dalam mernpersiapkan kondisi fisik dan psikis sehingga waktu
mengikuti pelajaran dan/atau ulangan/ujian saya berada dalam kondisi yang
kurang bersemangat. kurang memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, melampaui
bagian-bagian tertentu, seperti grafik, diagram dan tabel, yang ternyata hal
itu adalah penting. ceroboh dalam menjawab soal dal sebagainya.
LNO juga memiliki masalah dalam prasyarat penguasaan
materi seperti Tugas-tugas pelajaran yang diberikan guru tidak dapat dikerjakan
dengan baik, mengulangi kembali materi yang diberikan oleh guru pàda pelajaràn
sebelumnva sebagai persiapan untuk mengikuti pelajaran berikutnya, mengejar
materi ketinggalan, tidak dapat mengaitkan atau melihat urutan yang teratur dan
saling menunjang antara materi pelajaran terdahulu dengam mateti pelajaran
berikutnya. Ketidaklengkapan jilid-jilid dari buku pelajaran,menyiapkan
berbagai bahan yang diperlukan, seperti buku catatan. bahan bacaan. alat-alat
tulis, dan sebagainya.
Masalah sarana belajar yang dialami LNO seperti
kelengkapan buku-buku pelajaran, Ruang dan sarana belajar yang tersedia di
rumah saya kurang memenuhi persyaratan, Buku-buku pelajaran yang saya butuhkan kurang
tersedia di sekolah.;Kegialan belajar kurang menarik kurang mampu tampil dengan
kepeayaan diri yang tinggi di hadapan guru da/atau teman-teman karena
kekurangan sarana/biaya hidup sehari-hari.
Keadaan diri yang
kurang percaya diri, kurang bersemangat dalam belajar serta keadaan lingkungan
yang menurut LNO kurang memotivasi dirinya untuk belajar.
Berdasarkan data aum umum, LNO memiliki masalah dalam
jasmani dan kesehatan seperti penampilan diri, gangguan kesehatan seperti gigi,
tenggorokan, pencernaan, sering sakit karena memiliki penyakit kambuhan.
2.
MASALAH :
Kesehatan
dan keterampilan belajar
GAMBARAN MASALAH :
Klien
adalah seorang siswa kelas 12, klien berumur 18 tahun. Klien kurang dapat
mengikuti pelajaran karena terganggu dengan jasmani yang mudah sakit dengan
penyakit kambuhan. Masalah keterampilan belajar menggunakan waktu luang itu
untuk hal-hal yang disukai di luar kegiatan belajar, Catatan pelajaran tidak
lengkap dan banyak kekurangannya, mengalami kesulitan dalam mernpersiapkan
kondisi fisik dan psikis sehingga waktu mengikuti pelajaran dan/atau
ulangan/ujian saya berada dalam kondisi yang kurang bersemangat. kurang
memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, melampaui bagian-bagian tertentu,
seperti grafik, diagram dan tabel, yang ternyata hal itu adalah penting.
ceroboh dalam menjawab soal dal sebagainya.
PENGKAJIAN DATA
1. Dikaji mengenai keadaan jasmani klien, terungkap
bahwa klien mempunyai penyakit kambuhan
2. Dikaji mengenai penampilan diri klien,
klien merasa kurang percaya diri dengan penampilan diri
3. Dikaji mengenai keterampilan belajar
klien, terungkap bahwa klien masih menyianyiakan waktu belajarnya untuk hal
diluar belajar,
4. Dikaji tentang catatan belajarnya yang
kurang lengkap
5. Dikaji dengan sarana belajarnya, terungkap
bahwa sekolah belum memenuhi sarana belajar sepenuhnya.
PENETAPAN APA YANG AKAN DIUBAH
:
Menggunakan
behavior
1.
Pembiasaan klien dengan hidup sehat
2.
pembiasaan klien memanfaatkan waktu belajar
3.
pembiasaan klien menggunakan waktu yang sudah dijadwalkan
TUJUAN PERUBAHAN :
1.
agar klien dapat menerapkan hidup sehat
2.
agar klien dapat memanfaatkan waktu dengan baik
3.
agar klien dapat disiplin dalam waktu
RENCANA USAHA MENCAPAI TUJUAN :
1.
Klien dibiasakan makan makanan sehat
2.
klien dibiasakan olahraga tiap pekan
3.
klien dibiasakan membuat jadwal dan mentaatinya
4.
klien dibiasakan menggunakan waktu
PELAKSANAAN USAHA :
1.
Klien menerapkan hidup sehat
2.
klien melakukan olahraga tiap pekan
3.
klien menepati jadwal yang telah dibuat
PENILAIAN :
Perpostur
1.
Mengedepankan makanan sehat
2.
keadaan jasmani lebih sehat
3.
mampu memanfaatkan waktu
TINDAK LANJUT :
-
Komentar
Posting Komentar